Cara Menambah Kapasitas RAM pada PC/Laptop

Cara Menambah Kapasitas RAM pada PC/Laptop - Cara Menambah RAM Tanpa Software - Cara Memperbanyak RAM - Cara Menambah RAM dengan Mudah - Random Access Memory (RAM) adalah sebuah perangkat komputer untuk menyimpan data sementara. RAM ini tentunya mempunya kapasitas tertentu. Telah kita ketahui bersama RAM adalah barang yang fungsinya cuma menampilkan data sementara. Akan tetapi, RAM sangat dipedulikan jika kapasitas yang ada telah terpenuhi semuanya. Hal ini akan mempengaruhi kinerja komputer pada umumnya. Untuk itu Mundi Lembos membagikan tutorial tentang RAM sedikit namun terasa lebih ringan.
Langkah-langkahnya adalah sbb :
  • Klik kanan pada Computer/This PC pada Wind10 - Properties atau dengan cara tekan tombol LogoWindows + PauseBreak
  • Klik Advance system setting (lihat gambar)
  • Pada tab Advance klik Setting pada Performance
  • Selanjutnya pada tab Advance klik Change pada Virtual memory
  • Jika telah terbuka Buang centang pada Automatically... kemudian cari volume yang sebaiknya tidak terlalu bekerja berat (jangan pilih C: jika file system-nya ada di C:) pada contoh adalah E:
  • Klik Custom size kemudian isikan kapasitas RAM yang anda inginkan (sebaiknya sama dengan kelipatan RAM yang anda miliki (MB). Pada contoh di bawah memiliki RAM 2GB (2048), maka isikan pada kolom pertama kelipatan 2-nya (4096) kemudian untuk kolom kedua kelipatan 3-nya (8192).
  • Jika telah terpenuhi silahkan klik Ok
Sebenarnya cara di atas adalah membuat virtual memory yang fungsinya jika RAM tidak cukup maka ini yang akan bekerja sebagai RAM cadangan dari system. Jika RAM ini kita tambah menjadi lebih besar maka secara otomatis akan lebih optimal dibandingkan system yang menentukan.
Previous
Next Post »
0 Komentar