Cara Mengatasi Blank Screen (Layar Hitam) di Windows

Cara Mengatasi Blank Screen (Layar Hitam) di Windows - Cara Mengatasi Layar Tidak muncul apa-apa - Cara Mengatasi Layar Hitam tanpa tanda kehidupan - Layar Hitam pada Windows - Blank Screen sering kita jumpai pada Windows 8/8.1 atau Windows terbaru saat ini mungkin juga akan mengalaminya. Penyebab utama kebanyakan karena Windows tidak original. Mesin kadang melakukan hal yang salah saat boot atau sejenisnya, sehingga program yang mestinya dijalankan tidak terjalankan pada saat itu.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgW6GI3JQk15Fs9NuQaP_B_YnZ5tet_ExFsbLGMA81eMfOxJW1phs4gOhkoLhZRh5DMVKOovORNo6OdzMlPzZPHaweWBgOwUSkyCnSsrtQfzMp4soPVHk_0yrBikfIIkEFEWrOIpxz2boyT/s1600/
Bagi anda yang telah terlanjur terkena blank screen ini jangan khawatir. Mundi Lembos siap membantu anda. Untuk cara yang paling ampuh mengatasi blank screen ini adalah sebagai berikut :
  • Hidupkan komputer, tunggu layar hitam tampil, login ke Windows sebagai Administrator
  • Tekan tombol ( Ctrl + Alt + Del ), lalu pilih Task Manager. Klik More details (pada Windows 8.1).
  • Pilih menu File > Run new task, lalu pada kotak dialog Create new task ketik appwiz.cpl 
  • Nanti akan terbuka jendela Programs and Features, uninstall program yang anda curigai penyebab masalah layar hitam. 
  • Untuk kasus update Windows yang bermasalah, anda bisa uninstall melalui menu View Installed Update, klik kanan dan uninstall.
  • Selanjutnya kembali lagi ke Task Manager: pilih menu File > Run new task, pada  kotak dialog Create new task ketik shutdown /r lalu Ok (restart)
Jika cara di atas tidak mendapatkan hasil apa-apa atau malah tambah parah, silahkan menggunakan solusi ini :
  • Tekan tombol ( Ctrl + Alt + Del ) lalu pilih ''Task Manager''.
  • Pada Task Manager, pilih tab "Service" lalu buang centang pada App Readiness, lalu Restart komputer.
Jika kedua cara di atas tetap saja gagal, cara solusi terakhir adalah sbb :
  • Masuk ke Safe Mode, dengan cara pada tampilan layar hitam, lalu tekan tombol ( Shift + F8 ) hingga muncul tampilan Choose an Option.
  • Setelah tampilan Choose an Option muncul, pilih pengaturan Troubleshoot > Advanced Options > Startup Settings > Restart.
  • Selanjutnya pada saat proses restart tengah berjalan, langsung tekan tombol ( F4 ) untuk masuk ke Safe Mode. Pada posisi masuk safe mode, lalu login sebagai Administrator, buka Control Panel > System > Device Manager.
  • Pada jendela Device Manager, cari Display adapter, klik kanan nama driver tersebut, lalu disable. Anda juga bisa melakukan opsi roll back (mengembalikan) driver ke versi lama untuk masalah akibat dari update Windows 8/8.1, silakan cari di menu Properties, pilih tab Driver lalu Roll Back Driver. Terakhir restart.
Begitulah cara sederhana yang sangat mudah untuk dipraktekkan bagi anda yang sudah mahir maupun masih sedikit awam sekalipun. Sekian dan sampai jumpa pada Tips dan Trick selanjutnya yang lebih menarik.
Previous
Next Post »
0 Komentar